Tips Memilih Smartphone Gaming Terbaik untuk Pemula 

Game mobile atau permainan yang dapat dimainkan menggunakan perangkat smartphone adalah jenis game yang semakin diminati.

Salah satu alasannya, memainkan game dengan menggunakan smartphone juga lebih nyaman, praktis dan menyenangkan karena dapat dilakukan di mana saja.

Tidak hanya menyenangkan, Anda yang mempunyai mimpi dan ingin serius menjadi gamer profesional ternyata bisa membanggakan negeri ini loh, selain mendapatkan kepopuleran serta uang.

Karena faktanya, sekarang banyak turnamen game mobile mulai tingkat kecamatan hingga internasional.

Untuk dapat memainkan dan menikmati game mobile dengan kualitas grafis jempolan, Anda membutuhkan perangkat smartphone yang dibekali dengan spesifikasi serta fitur memadai.

Gameplay yang seru, alur yang terbangun dengan baik, dan grafis yang halus menjadi hal yang lumrah pada game digital maupun game mobile masa kini.

Oleh karena itu, untuk memuaskan para gamers, ponsel gaming dengan spesifikasi tangguh pun semakin banyak. Akhirnya Anda bingung dan sampai ke tulisan saya ini.

Daripada makin bingung silahkan Anda baca artikel ini hingga akhir ya.

10 Tips Memilih Smartphone Gaming

1. Performa Prosesor

Poin ini sangat penting mengingat smartphone gaming sangat bergantung pada performa, terutama karena sebagian besar game mobile memiliki ukuran aplikasi yang besar dan dapat memberikan banyak beban kepada smartphone.

Jika smartphone yang digunakan tidak memadai, maka bermain game tidak akan terasa menyenangkan.

2. Sistem Manajemen Panas

Dari segi sistem manajemen panas ini merupakan hal yang tidak kalah penting.

Karena dengan sistem pendinginan yang baik dapat menjaga agar smartphone tidak terjadi over heat yang bisa membuat penurunan performa.

Carilah smartphone gaming yang sudah memiliki sistem manajemen panas yang baik, ditambah lagi dengan dukungan aksesoris tambahan jika ada.

3. Daya Tahan Baterai

Baterai adalah salah satu komponen utama yang membuat smartphone dapat beroperasi dengn baik.

Dengan baterai, dapat diperkirakan berapa lama sebuah smartphone dapat menyala.

Semakin besar baterainya, semakin lama pula suatu smartphone dapat digunakan.

Dengan begitu, penggunanya tidak perlu terlalu sering melakukan charging baterai.

Walaupun terpaksa harus charging dalam keadaan kepepet, jangan buang waktu, carilah smartphone yang sudah support fitur fast charging.

4. Layar dan Responsivitas

Supaya permainan lebih menyenangkan carilah layar yang berukuran besar yang sudah support refresh rate tinggi dan responsivitas tercepat.

Dengan refresh rate dan responsivitas yang cepat membuat tampilan layar smartphone gaming akan tampak lebih menakjubkan serta memberikan banyak keuntungan.

Yaitu seperti, dapat menampilkan konten dengan detail dan akurat tanpa membuat mata penggunanya lelah dan Anda akan mendapatkan responsivitas layar yang cepat ketika menyentuh layar, bisa membuat anda lebih lincah ketika memainkan game mobile jenis apapun.

5. Desain

Dari segi desain, ini masalah selera. Tapi coba carilah brand yang sudah berpengalaman dibidangnya dalam menciptakan dan berinovasi untuk kebutuhan gaming.

Hal ini akan memberikan kesan yang lebih gaming yang bisa memenuhi kebutuhan para gamer termasuk Anda pemula sekalipun.

Pastikan juga desain ergonomis sehingga nyaman digenggam ketika dalam mode landscape dan memiliki fitur gestur yang memungkinkan pengguna smartphone gaming ini memiliki kontrol penuh terhadap setiap game mobile yang dimainkan.

Jika desain smartphone-nya kurang sesuai, maka Anda akan mudah lelah saat bermain game dalam mode landscape.

Maksudnya, smartphone gaming ini dibuat agar dapat memberikan kenyamanan maksimal saat digunakan untuk bermain game.

Dengan begitu, penggunanya dapat bermain game dalam mode landscape dalam waktu yang lama.

6. Audio

Ketika bermain game audio juga bagian penting, dengan kualitas audio yang baik akan menghasilkan kesan yang sempurna dari game yang sedang dimainkan.

Suara yang lebih menggelegar dan mengarah ke penggunanya merupakan konsep yang terbaik saat ini, jadi Anda bisa mempertimbangkan hal ini pula jika ingin memiliki smartphone gaming.

7. Ram dan Ruang Penyimpanan

RAM dan juga memori penyimpanan adalah hal penting yang tidak bisa dilupakan.

Dengan RAM yang besar akan membuat gaming terasa lebih menyenangkan, karena tidak khawathir terjadi kehabisan RAM saat menjalankan banyak gaming dan aplikasi.

Selain itu pastikan ruang penyimpanan internal lega agar Anda bisa menyimpan berbagai macam game, aplikasi hingga file jenis lainnya dengan leluasa tanpa kehabisan ruang.

8. Aksesoris Pendukung

Ingin tampil beda dan unik merupakan ciri khas smartphone gaming, pastikan ada aksesoris tambahan yang bisa Anda beli.

Hal ini tidak hanya untuk penampilan saja, tetapi bisa membuat Anda lebih nyaman ketika bermain game, tinggal disesuaikan kebutuhan aksesoris tambahan apa yang Anda butuhkan, pastikan ini juga Ada.

9. Software Update

Dukungan software update ini penting, brand yang memiliki nama besar saja tidak cukup, carilah brand yang memiliki forum terbuka antar user pengguna dan rajin melakukan software update jika dibutuhkan dan ada keluhan dari penggunanya.

Jadi hal ini mutlak harus Anda perhitungkan, karena dengan software update dapat membuat smartphone menyesuaikan dengan pembaharuan terbaru diberbagai fitur aplikasi bawaan dan  bisa mengatasi bug yang terjadi.

10. Garansi dan Service Center

Tidak hanya jangka waktu garansi lama, tetapi pastikan brand smartphone tersebut memiliki lokasi service center yang mudah ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Dukungan garansi ini sangat penting untuk jaga-jaga siapa tahu terjadi human error ataupun cacat produksi, jadi dapat dengan cepat diatasi.

Rekomendasi Smartphone Gaming Terbaik untuk Pemula Hingga Mahir

Salah satunya adalah ASUS ROG Phone 3, yang merupakan merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming.

Apa itu ASUS ROG Phone?

Jika Anda masih belum akrab dengan dunia gaming, maka Anda perlu mengetahui tentang smartphone gaming terlebih dahulu.

Smartphone gaming adalah perangkat yang digunakan untuk memainkan game mobile.

Perangkat ini harus memiliki spesifikasi tertentu untuk mendapatkan pengalaman gaming yang menyenangkan.

Salah satu smartphone gaming yang dikenal dengan performanya yang memuaskan adalah ASUS ROG Phone.

ASUS ROG Phone merupakan salah satu produk smartphone gaming premium yang dikeluarkan oleh perusahaan asal Taiwan, ASUS.

Smartphone ini didesain khusus untuk para gamer mobile yang membutuhkan perangkat gaming yang powerful.

ASUS ROG Phone hadir dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang menjadikan smartphone gaming ini menjadi salah satu ponsel gaming terbaik yang pernah ada.

  • Sejarah ASUS ROG (Republic of Gamers)

Nama ROG berasal dari akronim ‘Republic of Gamers‘, yaitu nama yang disematkan pada produk ASUS yang memang dikhususkan untuk keperluan gaming. Konsep ROG ini sudah ada sejak tahun 2006.

Namun, saat itu ASUS lebih menekankan konsep ROG pada kebutuhan gaming melalui laptop maupun PC.

Salah satu ciri khas yang disematkan pada produk ASUS yang dikhususkan untuk gaming ini adalah desain logo atau simbol yang menyertakan huruf  ‘G’. Logo atau simbol ini dibuat dengan desain yang tampak mewah dan menarik.

  • Generasi ASUS ROG Phone

Generasi ASUS ROG Phone

ASUS ROG Phone generasi pertama diluncurkan pertama kalinya pada bulan Desember tahun 2018 lalu, bersama ASUS Zenfone Max Pro 2.

Setelah peluncurannya, smartphone gaming premium ini mendapatkan respons yang bagus dari para penikmat game mobile.

Desain smartphone yang sangat kental dengan kesan ‘gaming’ membuat ASUS ROG Phone generasi pertama mudah diingat.

Selain itu, smartphone gaming ini juga dibekali dengan UI dan performa yang sangat mendukung untuk kebutuhan gaming mobile.

Namun, meski sangat kental dengan nuansa ‘gaming’, ASUS ROG Phone tidak hanya diperuntukkan bagi para gamers, tapi dapat digunakan oleh semua orang.

Setelah sukses dengan smartphone gaming premium generasi pertamanya, ASUS kembali merilis generasi baru ROG Phone, yaitu ASUS ROG Phone 2.

Smartphone gaming ini dirilis pada bulan Desember tahun 2019, sekitar satu tahun setelah generasi pertamanya dirilis.

ASUS ROG Phone 2 menarik perhatian dengan desainnya yang futuristik, penambahan port USB, serta speaker yang menghadap pengguna. Dengan 8GB RAM, smartphone gaming ini mampu menyajikan pengalaman gaming yang mumpuni.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera yang sangat pas untuk mendukung kebutuhan fotografi.

Dari segi desain, ASUS ROG Phone 2 menampilkan desain yang sangat kental dengan nuansa gaming.

Hal ini tentunya telah direncanakan dengan sangat baik karena desain dan fungsi smartphone dapat beriringan dengan model smartphone gaming yang menawan.

Setelah ASUS Rog Phone 2, di tahun 2020, ASUS kembali meluncurkan smartphone gaming penerus ROG Phone 2, yaitu ASUS ROG Phone 3.

Sama seperti dua generasi sebelumnya, ROG Phone 3 juga dapat digunakan oleh non-gamer walaupun fitur dan spesifikasinya lebih menekankan pada kebutuhan gaming.

Siapa yang Cocok Menggunakan ROG Phone 3?

Siapa yang cocok menggunakan ROG Phone 3

Sebagai salah satu smartphone premium khusus untuk keperluan gaming, ASUS ROG Phone 3 sangat cocok digunakan oleh para gamer mobile.

Hal ini karena smartphone gaming tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur serta spesifikasi yang sangat mendukung untuk bermain game mobile.

Meski dilengkapi dengan berbagai fitur gaming yang mumpuni, ASUS ROG Phone 3 juga dapat digunakan oleh non-gamer karena smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera yang tidak kalah bagus.

Dengan kamera tersebut, pengguna dapat memakai smartphone ini untuk keperluan fotografi atau membuat video dengan kualitas tinggi.

Mengapa ROG Phone 3 Menjadi yang Terbaik Saat ini?

Qualcomm Snapdragon

ASUS ROG Phone 3 hadir dengan chipset Snapdragon 865 Plus, RAM LPDDR5, serta memori UFS 3.1 yang membuat smartphone gaming ini memiliki performa yang kencang.

Meski digunakan untuk multitasking, dan buka tutup aplikasi, kekencangan smartphone ini tidak berkurang.

Artinya, ASUS ROG Phone 3 tetap memberikan respons yang responsif sekalipun digunakan untuk multitasking.

Dengan varian RAM 8GB saja, smartphone ini sudah memberikan respons yang cepat. Karena itulah ASUS ROG Phone 3 ini menjadi salah satu smartphone gaming yang tercepat.

Saat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama, ASUS ROG Phone 3 akan terasa hangat, lebih tepatnya di bagian lubang ventilasi bagian tengah yang dekat dengan port USB-C.

Meski begitu, ASUS telah mengantisipasi hal ini dengan membekali smartphone ini 3D vapor chamber dan heat sink yang berdimensi besar.

Selain itu, smartphone ini juga dapat menggunakan aksesori tambahan yang berupa AeroActive Cooler 3 yang mampu menurunkan panas hingga 4 derajat Celsius.

Dari segi desain, ASUS ROG Phone 3 memberikan desain yang elegan dengan frame atau bingkai metal.

Pada bagian kaca belakangnya, ada lapisan Gorilla Glass 3. Sedangkan dari segi layar, ASUS ROG Phone 3 memiliki dimensi layar yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu 6,59 inci dengan resolusi full HD+.

Keberadaan bezel yang tebal pada bagian atas dan bawah membuat ASUS ROG Phone 3 tetap nyaman digunakan saat bermain game dalam posisi landscape.

Adanya dua speaker stereo di masing-masing bezel membuat smartphone gaming ini dapat memberikan suara yang mantap saat digunakan untuk bermain game.

Selain mendukung keperluan gaming, layar ROG Phone 3 juga sangat cocok untuk konsumsi multimedia.

Ini karena smartphone tersebut sudah mendukung HDR10+ dan Widevine L1. Fitur in-display fingerprint sensor pada ROG Phone 3 juga cukup responsif sehingga pembacaan sidik jari dapat dilakukan dengan cepat dan instan.

ASUS ROG Phone dibekali dengan baterai jumbo 6000 mAh yang dapat bertahan selama 24 jam.

Dengan baterai ini, ROG Phone 3 membuat aktivitas gaming maupun non-gaming semakin nyaman.

Untuk baterai berukuran jumbo ini, ASUS menyediakan fitur fast charging 30 watt yang memungkinkan baterai tersebut dapat terisi penuh dalam waktu 2 jam saja.

Selain itu, ASUS juga menyediakan PowerMaster, yaitu sebuah menu yang disematkan di dalam Settings.

Menu ini memungkinkan pengguna ASUS ROG Phone 3 untuk mengatur kecepatan pengisian daya. Dengan menu PowerMaster, pengguna ROG Phone 3 dapat mematikan fast charging.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur supaya baterai baru terisi penuh di pagi hari, atau membatasi pengisiannya hingga 90 persen saja.

Beberapa Alasan ROG Phone 3 Cocok untuk Pemula

ASUS ROG Phone 3 hadir dengan 5 poin utama, yaitu chipset Snapdragon 865 Plus, display 144Hz, baterai monster 6000mAh, didesain khusus untuk para gamers, dan pengalaman gaming yang luar biasa.

  1. Powerful Snapdragon 865 Plus

Powerful Snapdragon 865 Plus

ROG Phone 3 didukung oleh peforma prosesor yang sangat kencang dengan kecepatan mencapai 3.1 GHz yang lancar untuk bermain semua jenis game mobile.

Salah satu hal yang dapat diunggulkan dari ASUS ROG Phone 3 adalah smartphone khusus gaming ini dibekali dengan powerful Snapdragon 685 Plus.

Chipset inilah yang membuat ASUS ROG Phone 3 dapat beroperasi dengan lancar.

  1. Stunning 144Hz display

Stunning 144Hz display 
https://www.gadgetdetail.com/144hz-android-games-that-you-can-play-at-144hz/

ASUS ROG Phone 3 menggunakan layar berukuran 6,59 inci, 2340 x 1080 AMOLED screen yang mendukung refresh rate hingga 144Hz.

Stunning 144Hz display ini membuat tampilan layar smartphone gaming ini tampak menakjubkan.

Dengan warna yang kaya, juga tingkat kecerahan yang luar biasa, melebihi tingkat kecerahan monitor komputer, pengguna dapat membaca di siang hari tanpa masalah.

Bagi para gamer, display ASUS ROG Phone 3 yang memiliki respons rate 1ms dan mendukung teknologi 10bit display serta HDR10+ ini memberikan banyak keuntungan, yaitu dapat menampilkan konten dengan detail dan akurat.

Artinya, saat bermain game, ASUS ROG Phone 3 tetap dapat menampilkan konten atau pergerakan game dengan detail, mulus dan akurat. Dengan begitu, bermain game mobile pun akan terasa lebih memuaskan.

Jika Anda termasuk gamer yang senang dengan detail seperti warna saat bermain game, maka ASUS ROG Phone 3 adalah pilihan yang tepat.

Ini karena smartphone gaming ini dilengkapi layar dengan nilai Delta E < 1 yang membuat ASUS ROG Phone 3 dapat menampilkan warna dengan sangat akurat.

Selain itu, ASUS juga telah mengantongi sertifikasi pengujian low bluelight dan flicker reduced dari TUV Rheinland untuk ROG Phone 3 yang membuat smartphone gaming ini tidak akan membuat mata penggunanya terlalu lelah saat digunakan.

  1. Monster 6000mAh Battery

Monster 6000mAh Battery

Selain performa dan responnya yang cepat, kelebihan lain dari ASUS ROG Phone 3 adalah smartphone gaming ini dilengkapi dengan monster 6000mAh battery.

Dibanding dengan smartphone lain sekelasnya yang umumnya hanya mampu bertahan selama 10 jam, ROG Phone 3 mampu bertahan lebih lama saat digunakan untuk browsing.

Dengan baterai monsternya, smartphone ini dapat digunakan untuk non-stop browsing di jaringan LTE selama 14 jam 30 menit.

Meski daya tahan baterainya tidak akan selama itu jika digunakan untuk bermain game mobile secara non-stop, tetap saja baterai jumbo yang disisipkan pada ASUS ROG Phone 3 ini membuat gamers dapat bermain lebih lama.

Baterai jumbo ini membuat ASUS ROG Phone 3 menjadi lebih berat dari smartphone lain sekelasnya.

Namun, dengan daya tahan baterai yang lebih lama dan fitur fast charging 30 watt yang disediakan oleh ASUS, semuanya sebanding.

Dengan fitur fast charging, baterai ASUS ROG Phone 3 dapat diisi penuh dalam 2 jam saja, sementara jika di-charge menggunakan standard 5V charger, baterai smartphone gaming ini dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari 3 jam.

  1. Built for Gamers

Built for Gamers

Tersedianya banyak fitur unggulan yang memanjakan para penggunanya, seperti fitur baru pada AirTrigger.

AirTrigger 3 yang disematkan pada ROG Phone 3 dilengkapi dengan tambahan gestur baru yang dapat digunakan saat bermain game, seperti swipe dan dual-partition button emulation.

Gestur baru ini memungkinkan pengguna smartphone gaming ini memiliki kontrol penuh terhadap setiap game mobile yang dimainkan.

Ada juga motion sensor sebagai kontrol tambahan yang memungkinkan gamer untuk berinteraksi dengan cara menggerakkan ROG Phone 3 ke depan dan ke belakang.

Motion sensor dapat diprogram untuk disesuaikan dengan game mobile yang sedang dimainkan, sama seperti AirTrigger 3.

Dari segi audio, ASUS ROG Phone 3 menawarkan kualitas audio yang lebih baik dari generasi sebelumnya dengan menggandeng Dirac.

Alhasil, ROG Phone 3 dapat menghadirkan audio yang seimbang dan berkualitas tinggi.

Dari segi konektivitas, ASUS ROG Phone 3 menggunakan side-mounted USB-C yang digunakan untuk mengkoneksikan aksesoris dan charger.

  1. The Most Immersive Gaming Experience

The Most Immersive Gaming Experience

Masih sama seperti pendahulunya, ASUS ROG Phone 3 hadir dengan aksesoris gaming yang dapat mengantarkan pengguna pada the most immersive gaming experience.

Dengan aksesoris ini, pengalaman bermain game mobile menggunakan ASUS ROG Phone 3 dapat ditingkatkan secara signifikan.

Tidak perlu khawatir bagi pengguna yang sudah memiliki aksesoris dari generasi kedua ROG Phone, karena sebagian besar aksesoris generasi kedua ROG Phone dapat digunakan pada ROG Phone 3.

  • ROG Kunai 3 Gamepad

Salah satu aksesoris ROG Phone 3 yang dapat memaksimalkan pengalaman gaming adalah ROG Kunai 3 Gamepad yang berupa controller fisik.

ASUS memang telah menyematkan fitur AirTrigger 3 pada ROG Phone 3 yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan sensasi gaming yang berbeda dari smartphone gaming lainnya.

Namun, controller fisik tentu akan memberikan sensasi bermain game yang lebih baik lagi.

ROG Kunai 3 Gamepad didesain dengan kokoh, namun fleksibel.

Aksesoris ini juga didukung dengan fitur key mapping melalui Game Genie serta telah kompatibel dengan berbagai game.

Untuk mengetahui daftar game yang kompatibel dengan fitur ini, Anda dapat melihatnya melalui aplikasi Armoury Crate.

  • AeroActive Cooler 3

AeroActive Cooler merupakan aksesoris yang tidak dapat dipisahkan dari ASUS ROG Phone.

AeroActive Cooler 3 hadir dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah serta performa pendinginan yang lebih baik.

Aksesoris ini juga dilengkapi dengan Port USB-C yang dapat digunakan untuk mengisi daya. Ada juga 3.5 mm audio jack untuk menghubungkan headphone.

  • ROG Clip

Jika Anda memiliki controller XBOX One, Google Stadia, atau DualShock 4, Anda dapat menghubungkannya dengan ROG Phone 3 untuk mendapatkan sensasi bermain game melalui konsol yang lebih nyaman.

Caranya dengan menggunakan aksesoris yang disebut ROG Clip.

Aksesoris ini berfungsi untuk menghubungkan ASUS ROG Phone 3 dengan controller yang telah disebutkan.

Dengan memasangkan ROG Clip pada controller (XBOX One, Google Stadia, atau DualShock 4), dan memasangkan ASUS ROG Phone 3 pada bagian dudukan yang disediakan, Anda sudah bisa memainkan game mobile menggunakan controller tersebut.

  • TwinView Dock 3

Bagi gamer yang senang bermain dengan layar yang lebih lebar, TwinView Dock 3 merupakan aksesoris yang tepat.

Aksesoris ini akan memberikan sensasi bermain game mobile yang lebih menyenangkan karena memungkinkan gamer untuk bermain dengan 2 layar sekaligus.

TwinView Dock 3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh serta kipas.

Selain itu, aksesoris ini juga dibekali dengan layar yang memiliki refresh rate sama dengan ASUS ROG Phone 3, yaitu 144Hz sehingga sensasi bermain game mobile jelas akan terasa lebih memuaskan.

TwinView Dock 3 kompatibel dengan beberapa game yang dapat dilihat daftarnya pada aplikasi Armoury Crate.

  • Glass Screen Protector

Seperti namanya, Glass Screen Protector merupakan aksesoris ASUS ROG Phone 3 yang fungsinya untuk melindungi layar agar terhindar dari goresan.

Selain dapat melindungi layar smartphone dari goresan, aksesoris ini juga dapat melindungi gamer yang menggunakannya karena dilengkapi dengan teknologi anti bakteri.

  • Lighting Armour Case

Bagi pengguna yang ingin ASUS ROG Phone 3 tampak lebih menarik dan bergaya, Lighting Armour Case adalah aksesoris tambahan yang tepat.

Lighting Armour Case terbaru dilengkapi dengan logo ROG yang tampilannya mirip anime Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14.

Selain dapat memberikan tampilan yang lebih menarik, aksesoris ini juga kompatibel dengan fitur aura RGB yang dapat dikustomisasi dengan menggunakan aplikasi Armoury Crate.

  • Waist Pack dan Crossbody Pack

Jika Anda termasuk gamer yang senang bermain game di luar rumah, Waist Pack dan Crossbody Pack adalah aksesoris yang dapat membantu Anda membawa perangkat gaming dengan mudah.

Bagi pengguna ASUS ROG Phone 3, aksesoris ini tidak hanya akan mempermudah mereka membawa perangkat gaming kesayangan, tetapi juga dapat digunakan sebagai bagian dari gaya.

Spesifikasi Asus ROG Phone 3

Processor3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor
GPUQualcomm® Adreno™ 650
UIAndroid™ 10 with ROG UI
Display6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/StorageLPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storageno SD-card reader; NTFS support for external HDD
SensorAccelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press
Main Rear Camera64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash
Second Rear Camera13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
Third Rear Camera5MP Macro, F2.0
Front Camera24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

SpeakerDual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio OutputHi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

MicrophoneQuad microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Wireless TechnologyWLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2×2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

NavigationGNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM CardsDual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)
InterfaceSide-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFCSupport (Card mode support in power off)
OSAndroid™ 10
Battery6.000mAh
ChargerOutput: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter
Dimensions171mm, 78mm, 9.85mm
Weight240 grams

Harga ROG Phone 3

Kapan Waktu yang Cocok untuk Anda Beli ROG Phone 3?

Jika Anda merupakan salah satu gamer mobile yang membutuhkan perangkat gaming yang mumpuni, ASUS ROG Phone 3 adalah pilihan yang tepat.

Smartphone gaming yang dapat memberikan pengalaman gaming yang luar biasa ini dirilis pada 24 September 2020 lalu.

Dengan kata lain, para gamer mobile tanah air sudah bisa mendapatkan smartphone ini.

ASUS ROG Phone dapat dibeli di toko yang khusus menjual smartphone baik secara online maupun offline.

Tempat Membeli ASUS ROG Phone 3 dan Masalah Garansi

Setelah dirilis pada 24 September lalu, ASUS ROG Phone 3 dapat dibeli di toko offline maupun online.

Namun, jika Anda membeli pada toko online di Tokopedia, JD.ID, Blibli, Eraspace dan Shopee atau bisa juga di offline store Erafone, URBAN REPUBLIC, ASUS ROG Store dan ASUS Exclusive Store.

Jika Anda membeli ROG Phone 3 jangan lupa pastikan kalau Anda akan mendapatkan garansi produk.

Sebagai salah satu produsen perangkat elektronik, ASUS dikenal salah satunya karena masa garansi yang panjang.

Untuk ASUS ROG Phone 3, normalnya, konsumen akan diberi masa garansi selama 12 bulan.

Namun, ASUS telah mengkonfirmasi bahwa konsumen yang membeli ASUS ROG Phone 3 kemungkinan akan menjumpai suatu kondisi di mana SIM 2 tidak terdeteksi.

Penyebab masalah ini adalah adanya kendala pada sistem database CEIR yang dikelola pemerintah.

Oleh karena itu, sebagai kompensasi, ASUS menambah masa garansi ROG Phone 3 selama 6 bulan. Artinya, khusus untuk ROG Phone 3, konsumen akan mendapatkan masa garansi yang lebih lama, yaitu 18 bulan.

Catatan* Informasi terbaru tentang CEIR di ROG Phone 3 akan saya update secara berkala.

Bagaimana ASUS ROG Phone 3 Dapat Meningkatkan Kemampuan Gaming dan Produktifitas Lain?

ASUS ROG Phone 3 merupakan salah satu smartphone gaming terbaik saat ini. Ini karena smartphone gaming tersebut dilengkapi dengan tiga fitur utama yang dapat meningkatkan kemampuan gaming maupun aktivitas lain yang menggunakan smartphone.

Fitur yang pertama adalah X-Mode. Fitur ini memungkinkan ASUS ROG Phone 3 untuk memberikan performa terbaiknya.

Fitur ini bekerja ketika smartphone digunakan, dengan tanda wallpaper default akan berubah menjadi nuansa merah yang keren.

Selain X-Mode, ada juga fitur Armoury Create. Fitur ini memungkinkan pengguna ROG dapat terhubung dengan pengguna ROG lainnya.

Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengontrol fitur lain, misalnya AURA RGB, yaitu lampu yang ada di bagian belakang bodi ROG Phone 3.

Lampu ini dapat diatur sesuai dengan selera, baik dari segi kecerahan, warna, maupun kapan lampu ini menyala (saat ada panggilan telepon, notifikasi, maupun setiap saat).

Ada juga fitur lain yang disebut Game Genie. Fitur inilah yang paling berdampak pada pengguna saat sedang bermain game.

Saat bermain game, panggilan atau notifikasi yang mengganggu permainan bisa saja datang. Saat hal ini terjadi, pengguna ROG Phone 3 tidak akan merasa terganggu dalam waktu lama.

Ini karena fitur Game Genie memungkinkan pengguna smartphone ini untuk melihat informasi perangkat maupun pintasan dengan cara melakukan swipe dari ujung layar.

Dengan fitur ini, pintasan untuk mematikan telepon atau notifikasi dapat diakses dengan mudah.

Selain itu, Game Genie juga dapat digunakan untuk mengatur fungsi AirTrigger yang ada di samping bodi ASUS ROG Phone 3. Ada dua AirTrigger yang dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan.

Masing-masing AirTrigger ini mendukung  input sentuh, scroll dan swipe, serta dapat dikustomisasi sesuai selera untuk setiap game. Karena hal inilah fitur Game Genie ini sangat membantu dalam proses bermain game.

Selain ketiga fitur tersebut, dukungan layar dan chipset Snapdragon 865 Plus juga membuat ASUS ROG Phone 3 menjadi perangkat yang tepat untuk gaming.

Dengan dukungan chipset tersebut, smartphone khusus gaming ini dapat menghadirkan performa yang luar biasa cepat dan responsif selama bermain game meski hanya menggunakan varian RAM 8GB.

Selain mendukung untuk keperluan gaming, ASUS ROG Phone 3 juga responsif untuk keperluan multitasking. Sekalipun digunakan untuk buka-tutup aplikasi, kecepatannya tidak terpengaruh.

Sementara itu dari segi layar, ASUS ROG Phone 3 dibekali dengan refresh rate maksimal hingga 144Hz. Dengan refresh rate setinggi ini, kualitas grafis game yang ditampilkan akan semakin hidup dengan gerakan yang mulus.

Oleh karena itu, smartphone ini sangat cocok untuk para gamers yang mengharapkan sensasi bermain game yang memuaskan.

Selain mendukung untuk bermain game, layar ASUS ROG Phone 3 yang lebar juga sangat mendukung untuk kegiatan non-gaming.

ASUS ROG Phone 3 dilengkapi dengan 4 kamera utama yang dapat menunjang aktivitas fotografi, seperti kamera macro, wide, ultrawide, dan SONY IMX686 (resolusi maksimal 64MP).

Selain itu, ASUS ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan beberapa fitur kamera, yaitu night mode, HyperSteady Video, dan professional mode (photo + video).

Dari segi konektivitas, smartphone gaming ini sudah mendukung koneksi 5G sehingga dapat dipastikan kecepatan koneksinya.

Selain untuk keperluan gaming, kecepatan koneksi ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti browsing, streaming video, download, maupun aktivitas di sosial media.

Konklusi

Dari bahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ASUS ROG Phone 3 adalah smartphone gaming premium yang menawarkan performa terbaik dengan chipset Snapdragon 865 Plus sehingga aktivitas gaming dapat dilakukan dengan cepat, mulus, dan responsif.

Dengan aksesoris lengkap, menjadi smartphone gaming yang menawarkan pengalaman gaming yang menyenangkan, cocok untuk Anda yang pemula hingga mahir sekalipun.

Selain itu, smartphone ini juga dapat digunakan untuk aktivitas non-gaming tanpa mengurangi kecepatan dan responsnya dalam melakukan multitasking.

Baterai jumbo berkapasitas 6000 mAh yang menyertai smartphone ini juga dapat memberikan pengalaman bermain game mobile yang lebih lama dibanding smartphone lain di kelasnya.

Display dengan refresh rate 144Hz, desain ergonomis yang nyaman digunakan untuk bermain game mobile dalam posisi landscape, serta fitur-fitur khususnya juga membuat ASUS ROG Phone 3 menjadi salah satu smartphone gaming terbaik yang akan memberikan sensasi bermain game yang lebih memuaskan.

Besar harapan walaupun saat ini Anda masih pemula dan ingin cepat mencapai tingkat gamer profesional jangan ragu berlatih dan bermain dengan ASUS ROG Phone 3.

Qualcomm Snapdragon

Priangga Otviapta

Nama lengkap saya Priangga Otviapta, suami dari satu istri dan seorang ayah dari satu anak.

12 pemikiran pada “Tips Memilih Smartphone Gaming Terbaik untuk Pemula ”

  1. Mantap ini artikelnya, kebetulan lagi cari informasi mengenai tips memilih smartphone gaming yang ada. Dan memang ROG Phone 3 udah cukup dikenal oleh para pemain game online khususnya di Indonesia bahkan dunia pada umumnya.

    Balas
    • Terimakasih bang, iya bang dari dulu pengen punya ROG Phone, skrg berbagi serajah dan tips memilihnya dulu, biar yang baru mau beli smartphone gaming terbantu cari yang tepat.

      Balas

Tinggalkan komentar